Rileks dengan Lensa 70-300mm Tanpa VR

Beberapa kali diskusi dengan teman yang memang sudah expert dalam bidang fotografi, banyak yang bilang kalau lensa tele (Nikon ya..) terbaik adalah 70-200mm f/2.8. Terbaik dalam arti luas, kemungkinan menurut saya terbaik karena multi-fungsi. Banyak yang bilang lensa ini terbaik untuk sport, foto hewan peliharaan maupun wildlife, fashion, portraits, street, hingga foto low-light maupun direct sun-light. Harganya pun terbaik, dengan kualitas terbaik tersebut lensa ini dibanderol seharga sekitar 34 juta (2017). Hmm.. Ok.. lensa ini untuk fotografer yang serius. Saya belum mencapai tahap fotografer serius, saya ingin lensa tele yang tidak terlalu serius, saya ingin yang rileks.

Browsing di web, ternyata ada lensa tele ekonomis. Saya katakan ekonomis ya, bukan murah. Dengan harga sekitar 1,4 jutaan saja (2017) bisa memiliki lensa 70-30mm f/4-5.6 tanpa reduksi getar (VR Nikon) dan tanpa auto fokus di lensa (AF-D). Setiap lensa pasti ada karakternya, tak terkecuali lensa ini. Mampu menyaingi  70-200mm f/2.8? Baca harganya saja tidak mungkin lah!

Lensa Nikon AF-D 70-300mm f/4-5.6 dipasang di Nikon D7200 yang memiliki motor fokus di body.

Seberapa jauh lensa ini mampu zooming? Bagi yang tahu daerah Bandung, posisi saya di jembatan layang Pasopati masih dapat memonitor aktivitas pekerja bersih-bersih di gedung hotel area Cihampelas Walk.

Full zooming dari jembatan layang Pasopati Bandung ke arah Cihampelas Walk. Foto ini saya ambil dari atas mobil yang sedang diam tanpa tripod. Kondisi Bandung saat itu sangat berawan dan berkabut.

Dalam kondisi minim cahaya, kemampuan lensa ini tak jauh dari kualitas kamera handphone. Absennya VR (vibration reduction) berarti shutter speed saat memotret setidaknya  1/1000 detik dalam posisi full zoom, sebagai pay-off nya ISO dan diafragma pun mengalah. Sialnya diafragma maksimum pada full zoom adalah f/5.6, hal ini mengakibatkan ISO harus mengalah total. Jelek? Nanti dulu.. Seperti kata saya sebelumnya, setiap lensa pasti ada karakternya.

Silahkan Anda duduk rileks di luar ruangan saat cahaya matahari cukup, ambil tripod yang kokoh dan pasangkan kamera dengan lensa ini. Tripod hanya digunakan untuk menopang kamera saja, head tidak perlu dikunci agar tangan kita bebas memutar arah kamera. Cari objek-objek menarik baik dalam kondisi diam maupun bergerak dengan jarak yang memadai. Atur auto fokus ke mode tracking. Kapanpun Anda siap, ambil gambar itu. Berikut beberapa hasil gambar D7200 + 70-300mm Non VR oleh amatiran seperti saya..

Kibaran sang saka merah putih di latar belakangi langit cerah.

Saat langit cerah, hasil gambarnya impresif. Harga ekonomis namun tidak murahan. Selanjutnya, saya coba masuk ke dalam ruangan mencari objek model orang yang bisa saya foto sambil duduk rileks. Hasilnya..

Foto adik saya yang sedang melamun memikirkan sesuatu yang penting menurut dia namun belum tercapai hingga kini. (Dia ingin ke Palembang menggunakan mobil, naik kapal, makan pop mie di atas kapal, dan disetiri om Sopir.. Haha..)

Saat saya sedang asing nyeruput kopi, tampak dari kejauhan seekor kucing melintas di tengah jalan. Sambil rileks saya arahkan fokus ke matanya yang biru dan hasilnya …

Kucing ini saya beri nama Blue Eyes Golden Cat (terinspirasi dari Yugi Oh).

Terakhir, lensa 70-300mm non VR ini jelas adalah lensa teman rileks Anda. Mungkin karakter lensa ini adalah potrait karena saya belum coba untuk yang lain. Blur background nya (bokeh) sedang, ketajamannya tergantung kecekatan fotografer. Low-light sudah jelas kewalahan, high speed object bisa saja asal fotografer sanggup stabil mengimbangi kecepatan objek. Tripod tidak wajib tapi lebih baik ada. Harga? Ini adalah lensa DSLR brand Nikon termurah yang ada di website-website toko kamera. Haha..

Leave a Reply

