Halal Bihalal Bersama Menteri Agama RI

20150727_090600Bapak Lukman Hakim, Menteri Agama, memberikan ceramah singkat di halal bihalal dosen ITB.

Hari ini Menteri Agama RI bapak Lukman Hakim memberikan ceramah singkat di halal bihalal keluarga besar ITB. Poin-poin yang disampaikan adalah pemahaman dan pemaknaan konsep halal bihalal. Dari pemaparan beliau, halal bihalal itu bukan dari bahasa Arab. Jadi orang Arab tidak paham tentang arti harfiahnya. Namun yang perlu dipahami adalah makna keikhlasan kita memberikan maaf (makna membebaskan diri dari perbuatan dosa dan haram dengan memaafkan).

Selanjutnya, beliau juga memaparkan 3 keistimewaan lulusan ITB menurut perfektif beliau, yaitu: 1) Lulusan ITB sangat percaya diri dalam menyampaikan keahliannya saat melakukan wawancara pekerjaan dan sangat meyakinkan. Setelah pemaparan yang meyakinkan tersebut, selanjutnya lulusan ITB biasanya meminta gaji yang tinggi. 2) Lulusan ITB aktif mengembangkan dirinya, bukan hanya pada bidangnya namun juga dapat berperan baik meskipun peran tersebut di luar bidangnya. 3) Saya sedikit lupa, tapi kira-kira ada kohesi antara lulusan ITB meskipun jarak angkatannya sangat jauh.

Terakhir, Bapak Lukman Hakim juga turut menyampaikan pandangannya tentang kasus Tolikara yang haru-baru ini terjadi. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa ini adalah konflik agama. Namun menurut pemaparan beliau, setiap agama bertujuan satu yaitu memanusiakan manusia. Setiap agama mengajarkan ke arah kebajikan. Oleh karena itu, ada 2 kemungkinan penyebab terjadinya kasus Tolikara ini. Pertama, kesalahan dalam memaknai jihad atau apapun namanya sebagai ajaran agama tertentu. Kedua adalah, adanya kepentingan yang menompangi dan mengatasnamakan agama sebagai kendaraannya. Untuk menyikapi hal tersebut, maka agama adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan. Bung Karno yang juga lulusan ITB, pernah menyatakan bahwa agama mutlak harus ada dalam setiap sendi kehidupan.Di akhir acara setiap audience dipersilakan untuk berjabat tangan dengan jajaran pimpinan ITB serta dengan Bapak Lukman Hakim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s