Ramadhan 1436H, Hari #17: Hiruk Pikuk Midnight Sale

Alhamdulillah, akhirnya bertemu lagi dengan 17 Ramadhan. Kemarin malam adalah malam nuzul Qur’an. Di daerah tempat tinggal kami tidak ada perayaan apapun, mungkin sebagian orang lebih fokus untuk beribadah dibandingkan mengadakan acara.

Hal ini berbanding terbalik malam ini (sekarang malam ke 18), bertepatan pula dengan malam minggu. Sudah hampir tengah malam, banyak mall dan toko yang masih buka menjajakan diskon besar di parade bertema “midnight sale“. Terus terang saya belum pernah ke acara yang hampir dihelat setiap tahun menjelang lebaran. Hingga tadi saya dan istri iseng ingin “lewat”, untuk sekedar tahu.

Sejam di toko, istri saya sudah ngambek ke saya. Pasalnya, hampir setiap saat di sana saya mengomel melulu. Alasannya, tidak ada yang spesial di acara tersebut tapi antusias pengunjung seperti kesetanan. Satu pengunjung saja bisa bertransaksi hingga berjuta-juta. Mungkin tergiur diskon semu. Saya katakan semu karena semua pasti tahu harga sebelum diskonnya pasti sudah dinaikkan, sehingga harga setelah diskon adalah harga normal. Sebagai contoh, saya biasa membeli celana panjang untuk dipakai kerja dengan merk tertentu harganya sekitar X. Nah tadi, harga yang tertera adalah 2X+C, dimana C adalah bilang integer antara -20.000 sampai positif tak hingga. Sementara diskon yang diberikan hanya 50%.

Bagi saya pribadi, acara seperti itu tidak memberikan nilai lebih. Mungkin ada diskon sekiar 10-20 ribuan, tapi jika dilihat pengorbanan harus menahan kantuk, terkena angin malam, capek, dan antri yang super lama, diskon itu menjadi tidak ada artinya. Mungkin daripada hiruk pikuk midnight sale, lebih baik fokus pada ibadah Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s