Buku Paket

Dulu waktu sekolah dan kuliah saya masih mengenal istilah “buku paket” atau bahasa Inggrisnya “handbook“. Guru biasanya mengajar bahkan hingga tugas dan ujiannya berdasarkan pada buku paket tersebut. Tapi sekarang zaman sudah semakin maju, buku paket tidak selalu berbentuk fisik. Ada juga buku paket berbentuk digital atau”e-book“. Mungkin karena gaya mengajar guru saya dulu lah yang mengakibatkan cara mengajar saya di beberapa sesi masih mengadopsi sistem buku paket.

Setiap menggunakan sesi buku paket ini lah mahasiswa terlihat sedikit “alergi“. Jika saya sudah mengatakan kalimat “buka buku … halaman … (kemudian saya bercerita)”, maka saat itu lah mahasiswa saya mulai “gatal-gatal”. Kenapa? Jadi ada sebuah buku cetak milik saya yang tidak bisa ditemukan e-book nya oleh mahasiswa. Sebenarnya banyak tips mencari e-book (baik legal maupun jalur belakang), dan semua sudah saya sampaikan ke para mahasiswa. Namun menurut saya hal itu bukan karena mahasiswa tidak mampu, melainkan memang skema buku paket itu terlalu old school. Tapi menurut saya sesekali dalam mengajar perlu kembali melihat buku paket, minimal sekedar untuk mengingat dan menguatkan kembali dasar-dasar teori yang berkaitan dengan perkuliahan.

Leave a Reply

