Ramadhan 1436H, Hari #9: Tarawih

Ada beragam cara masyarakat melaksanakan ibadah tarawih di lingkungan tempat tinggal kami.

Sebuah mushola keluarga di depan rumah melaksanakan shalat Isya dan tarawih bersama keluarga besarnya. Imamnya hanya satu dan shalat tidak akan dimulai jika imam tersebut belum datang. Tidak ada ceramah, shalat tarawihnya 4-4-3 (3 witirnya).

Ada pula sebuah masjid beberapa meter di belakang rumah, imamnya lebih banyak dan berganti-gantian. Sama dengan mushola di depan rumah, masjid ini tidak ada ceramahnya. Bedanya shalat tarawihnya 2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-2-1, total 23 rakaat dan saya kurang paham apakah witirnya 1 atau 2-1. Bacaannya cukup cepat, tapi saya pernah tahu yang 5 kali lebih cepat dari ini. Pada tiap 2 rakaat, ayat pendek yang dibaca pada rakaat kedua adalah surat Al-Ikhlas.

Masjid dekat rumah saya di Gegerkalong Girang dan masjid di kawasan KPAD yang paling sering saya kunjungi untuk ibadah tarawih. Ada ceramahnya dan terjadwal dengan baik, dilaksanakan setelah shalat Isya. Menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. Tarawihnya 4-4-3 (3 witir), bacaannya santai, jelas, dan tidak terburu-buru. Ada doa bersama dan niat puasa bersama dipandu oleh ustad. Pola ini sudah terbangun cukup lama, sehingga jika ditawarkan untuk menukar urutan antara ceramah dan shalat tarawih maka jemaah biasanya akan menolak.

Mesjid yang populer di kawasan kediaman kami adalah Daarut Tauhid. Pola tarawihnya dinamis. Rakaatnya kadang 4-4-3 atau kadang 2-2-2-2-2-1, tapi untuk Ramadhan kali ini saya tidak tahu pola mana yang digunakan. Masjid ini juga menggelar ceramah yang terjadwal dengan baik. Bacaan shalatnya bisa saya katakan indah sekali, adzannya juga indah sekali. Urutan anatara ceramah dan tarawihnya bisa ditukar dan disesuaikan. Dahulu saya cukup sering tarawih ke Daarut Tauhid, namun sekarang jarang karena ramai sekali sehingga kalau tidak datang lebih awal maka akan dapat tempat di luar atau di lantai bawah masjid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s