Ramadhan 1436H, Hari #3: Safari

Sejak selasa lalu di Padang, hari ini saya dan istri pulang ke Bandung. Kami menumpang pesawat Padang-Jakarta, kemudian dilanjutkan perjalanan darat dengan travel menuju Bandung. Safari ini berjarak ribuan kilo, dan dilakukan di bulan Ramadhan. Banyak yang tidak berpuasa yang kami jumpai dalam perjalanan ini.

Seperti dalam surah Al-Baqarah 184-185, kalau orang yang dalam perjalanan boleh tidak puasa dan menggantinya di hari lain. Namun perjalanan kali ini sepertinya bukanlah perjalanan yang berat bagi orang yang memiliki fisik baik. Dari rumah naik mobil ke bandara, dari bandara naik pesawat. Sesampai di tujuan naik mobil menuju rumah. Hanya sesaat kami menggunakan kaki untuk berjalan. Disetiap kendaraan tersedia AC yang dingin. Jelas ini bukan perjalanan seperti di padang pasir.

Dalam dalil tersebut juga disebutkan bahwa berpuasa justru lebih baik dan bermanfaat ketimbang harus memanfaatkan dispensasi tersebut. Sekarang kami sudah di perjalanan menuju Bandung. Buka puasa masih satu jam lagi, mudah-mudahan diberi kekuatan untuk berpuasa penuh di hari ini. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s