Coffee Science: Eksperimen Pertama

Awalnya saya memesan kopi Toraja Sapan dan Toraja Awan dari salah seorang saudara kami yang menjalani bisnis warung kopi di daerah Makassar. Hmm.. memang cukup lama kopi ini sampai ke tangan saya, maklum saja mungkin saudara saya tersebut kesulitan untuk meninggalkan pekerjaannya meracik kopi demi kepuasan pelanggan. Tapi akhirnya sampai juga. Hehe..

Lalu.. mau diapakan kopi ini? Jujur saja saya tidak punya pengetahuan soal meracik kopi, yang saya tahu hanya minum kopi sambil makan kacang buat teman nonton bola. Teman merokok? hmm.. bisa jadi, tapi sayang sekali saya tidak pandai merokok. Setelah browsing kemana-mana akhirnya saya putuskan skenario eksperimen pertama saya dalam meracik kopi adalah dengan menggunakan alat tradisional french press.

French press itu alat pembuat kopi tradisional tanpa listrik yang bentuknya seperti gelas yang dilengkapi semacam saringan kopi di bagian tutup gelasnya. Cara kerjanya sederhana, cukup seduh kopi di dalam gelas, tunggu beberapa menit. Setelah aroma kopi keluar, tutup gelas kemudian tekan saringan kopi yang ada di bagian tutup gelas. VOILÀ! Kopi tanpa ampas siap dinikmati.

Demi eksperimen pertama ini, saya pun langsung menuju toko hardware yang tidak jauh dari kampus tempat saya bekerja. Alhamdulillah mereka punya alat yang saya cari. French press 800 ml berhasil saya bawa pulang dengan modal sekitar 150 ribuan. Sebenarnya ini bukanlah coffee maker pertama saya, sebelumnya saya juga sudah pernah membeli coffee maker elektrik dari sebuah toko online. Tapi saya jarang menggunakannya karena sedikit ribet, terutama saat membersihkannya.

Eksperimen saya yang pertama ini menghasilkan kesimpulan bahwa kopi yang saya racik benar-benar pahit. Haha.. Tapi saat dicampur dengan susu kental manis, rasanya not bad. Walaupun masih tidak sesuai dengan selera saya. Ah.. saya tidak begitu paham dengan cita rasa kopi, tapi yang pasti eksperimen pertama ini membuat saya tidak sabar untuk melakukan eksperimen yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Kopi

Kopi Toraja Sappan yang saya pesan dari saudara yang merupakan owner warung kopi di Makassar.

french press

French press yang baru saja dibeli di toko hardware langsung saya gunakan untuk ekperimen meracik kopi Toraja Sappan yang baru saja dikirim.

Leave a Reply

