Berfikir untuk Posting dengan Bahasa Inggris

pengunjung

Statistik pengunjung berdasarkan daerah aksesnya.

Kemarin saya tidak sengaja berkunjung ke statistik harian blog ini, dan saya mendapati peta di atas. Ya.. ketahuan jika kunjungan harian blog ini mentok di angka tiga ratus sekian puluhan. Blog ini paling banyak diakses di Indonesia, wajar memang karena saya selalu menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap postingannya. Saya tidak menyangka jika akses dari Amerika Serikat cukup sering dilakukan, disamping ada beberapa kali dari wilayah Kanada, Belanda, Malaysia, Australia, dan Hongkong. Bisa saja orang Indonesia juga yang mengaksesnya, tapi jika pengunjung tidak menguasai bahasa Indonesia maka halaman blog ini akan langsung ditutup seperti yang dilakukan oleh pengunjung-pengunjung dari Kanada, Belanda, Malaysia, Australia, dan Hongkong.

Pertimbangan saya menggunakan bahasa Indonesia sebenarnya agar cepat saja. Kalau menggunakan bahasa Inggris pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan bahasa Indonesia. Lain kali perlu dicoba posting dengan bahasa Inggris dan lihat dampaknya terhadap kenaikan pengunjung.

Leave a Reply

