Sound Effect

Beberapa kali saya ditanya soal sound effect untuk animasi, namun saya hanya bisa bilang “saya bukan ahlinya”. Biasanya saya hanya memasukkan unsur musik instrumental saja pada animasi dan jarang memberikan sentuhan sound effect. Namun sebenarnya sound effect merupakan salah satu elemen paling penting untuk memperkuat.. *imajinasi, haha..

Akan tetapi pemberian sound effect tidak selalu membuat animasi menjadi lebih menarik. Contohnya begini, dalam sebuah animasi orang bermain bola maka sound effect diberikan hanya pada saat bola di tendang saja. Apabila sound effect diberikan pada setiap langkah kaki pemain maka animasi akan menjadi terdengar bising. Contoh lain untuk game sepak bola, biasanya sound effect diberikan pada suara bising penonton, efek suara pada saat salah satu pemain dijegal pemain lain, dan suara peluit wasit.

Dalam sebuah scene animasi, game atau scene film, selalu melibatkan lebih dari satu sound effect. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen pada sound effect untuk animasi, game maupun film sehingga sound effect tidak membuatnya menjadi bising. Secara konsep memang terdengar mudah, namun implementasinya tidak semudah kedengarannya. Butuh kemampuan khusus untuk menghasilkan kombinasi sound effect yang berkualitas – kemampuan ini lah yang tidak saya punya, haha.

Oya ngomong-ngomong soal sound effect, beberapa film yang menurut saya memiliki sound effect yang luar biasa adalah Saving Private Ryan, Titanic dan Gravity. Mungkin ada lagi, tapi saya lupa. haha..

Leave a Reply

