Ehemmm…

Semester ini saya kebagian mengajar satu mata kuliah di kelas pascasarjana salah satu universitas swasta di kota Bandung. Kelas pasca dilaksanakan di saat weekend, maklum saja karena peserta nya adalah pegawai-pegawai yang dikader untuk menjadi dosen di universitas tersebut jadi di hari biasa mereka harus menjalankan tugas sebagai asisten dosen. Dalam satu hari, akan ada empat kelas pascasarjana dan itu berarti akan ada empat dosen yang hadir pada hari itu. Salah satunya saya, yang tampak masih seperti mahasiswa.

Biasanya kita para dosen bertemu di satu meja saat makan siang, berhubung  saya sedikit merasa segan jadi saya menunda jam makan siang saya dan memilih untuk duduk di sofa di bagian luar kelas sambil menikmati permainan “candy crush” via ponsel. Tak terasa waktu istirahat siang telah berlalu, namun saya masih asik dengan ponsel saya. Salah seorang dosen yang terlihat senior (sebagian rambutnya sudah beruban) berjalan melewati saya sambil “berdehem”. “Ehemmm…”, dengan wajah ketus dan hanya melihat lurus ke depan. Saya tersadar dan melihat arloji masih pada pukul 13.00. Saya sengaja memperpanjang jam istirahat mahasiswa selama 10 menit karena kami mulai istirahat 10 menit lebih lambat dari jadwal.

Pada saat istirahat shalat Ashar, saya pun kembali berpapasan dengan rekan dosen yang sama. Kali ini saya pun memberikan senyum kepada beliau. “Ehemmm…”, ya.. “dehem” lagi yang saya peroleh. Saya tidak tahu persis apa maksud “ehemmm…” tersebut, mungkin karena suara saya saat mengajar yang lumayan keras jadi sedikit mengganggu kelas beliau yang posisinya persis di sebelah kelas saya. Jadi maksudnya beliau ingin mengingatkan saya kalau suaranya keras-keras akibatnya bisa batuk. hehe.. Ah.. lain kali makan siangnya bareng saja, biar kita berdehem bersama di meja makan. haha..

Leave a Reply

