Flash of Genius

Masih bangun hingga pukul 3 pagi  ternyata dapat memberikan kesan terentu, apa lagi disaat stasiun TV memutar film bertema inspirasi. Bisa sambil merenung tanpa ada yang ganggu. Nah, salah satu film yang baru saja diputar berjudul “Flash of Genius”. Bukan film baru, dan film baru tidak mungkin diputar di stasiun TV gratis. Sepertinya saya tidak perlu menceritakan ulang isi film ini, karena bisa dilihat di sini. Namun yang menarik bagi saya adalah istilah “Flash of Genius” yang menjadi judul film tersebut.

Saya tidak tahu pasti istilah ini dan kapan dipakainya. Jujur saja saya baru tahu beberapa saat yang lalu dan mencari beberapa referensi di dunia maya yang dapat memperkuat pemahaman saya tentang istilah ini. Entah benar atau salah, CMIIW please, membaca dari berbagai referensi, istilah flash of genius pada dasarnya adalah distilah hukum yang berhubungan dengan hak paten. Oleh karena itu, jika kita menonton filmnya, maka akan banyak ditemukan adegan sengit di dalam court.

Diceritakan dalam film ini, tokoh utama mampu menciptakan suatu alat bisa dikatakan akibat suatu ketidak sengajaan. Suatu hari matanya mengalami buta parsial, akibatnya dia mengalami kesulitan untuk mengemudi mobil dalam keadaan hujan sambil mengoperasikan wiper dioperasikan manual oleh tenaga manusia. Saat itu pula dia berfikir bahwa seharusnya wiper dapat bekerja otomatis seperti kelopak mata manusia berkedip secara otomatis sehingga tidak mengganggu pandangan. Pada akhirnya dia pun mampu menciptakan penemuan wiper otomatis yang hingga sekarang masih menghiasi berbagai kendaraan. Mungkin ini yang dimaksud dengan flash of genius, hmm.. arti harfiahnya mungkin.. tiba-tiba jenius..?? haha..

Bagaimana ya caranya bisa tiba-tiba jenius seperti tokoh utama film ini? Disertasi saya belum jalan nih mana sudah satu tahun lebih, dan saya benar-benar butuh jurus tiba-tiba jenius. hehe.. Namun yang pasti, tiba-tiba jenius ini adalah anugerah Tuhan, dan apabila kita terus berusaha serta tanggap terhadap lingkungan mungkin saja tanpa sadar kita sudah memakai jurus tersebut. InsyaAllah. Amiin. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s