Liburan di Tangkuban Parahu

TP

Tangkuban Parahu, gunung yang terletak di Bandung bagian utara dan terkenal dengan legenda Sangkuriang itu, sebenarnya tidak begitu jauh dari rumah saya di Gegerkalong Girang. Lebih kurang 15 Km, dan 30 menit perjalan menggunakan kendaraan motor maka sampailah saya di puncak gunung setinggi 2.084 meter dpal ini.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya ke sana, namun ini yang pertama kalinya semenjak saya lulus menjadi sarjana. Suasananya juga sudah sedikit berbeda. Pintu Cikole yang biasa saya lewati baik menggunakan motor maupun hiking sekarang ditutup. Untuk masuk kawasan gunung Tangkuban Parahu ini kita harus melewati pintu Subang.

Dahulu, terdapat posko karcis di setiap wahana yang ditawarkan. Pertama, di pintu gerbang masuk baik di Cikole maupun di Subang. Kedua, kawasan kawah Ratu. Sisanya, ada di setiap wahana kawah. Tapi untuk masuk ke wahana kawah lainnya, kita harus melalui loket kawah Ratu terlebih dahulu. Saya lupa berapa biayanya, tapi kalau tidak salah Rp 5.000 – Rp 15.000. Dulu saya juga pernah mengalami masa gratisnya dan masa berbayar hanya dengan Rp. 1.000.

Sekarang, loketnya hanya satu yaitu di pintu Subang saja. Masuk dua orang plus motor dikenakan biaya Rp 35.000. Dengan anggaran tersebut kita sudah bisa menikmati seluruh wahana yang ditawarkan. Sekarang beberapa fasilitas sudah dibangun dan terlihat lebih rapi dibandingkan sebelumnya. Benar-benar terlihat seperti kawasan wisata dan berbeda dengan dahulu yang benar-benar tampak seperti gunung. Wajar saja wisatawan banyak yang berbondong-bondong ke kawasan ini. Kalau tidak ingin antri masuk kawasan ini, sebaiknya datang pagi-pagi sekitar pukul 7 sampai pukul 9. Sebagai gambaran, macetnya bisa sampai Cikole, atau lebih kurang 3 Km plus tanjakan.

Dari sekian banyak wahana yang ditawarkan, target saya hanya satu di gunung Tangkuban Parahu ini, kawah Domas via kawah Ratu bolak-balik. Belum ke Tangkuban Parahu kalau belum mencoba rute ini. BTW, jangan lupa pakai sepatu dan bawa air minum, karena perjalanannya lumayan membuat kaki gemetaran bagi yang belum biasa. Semoga bermanfaat. ^_^

Leave a Reply

