Novel 31 Tahun lalu

Sekian lama terpajang di rak buku saya, saya baru sadar kalau ternyata banyak novel-novel tua hasil koleksi dari kedua orang tua saya. Tersusun dengan rapi dan bersih, namun tidak berdaya menghadapi waktu sehingga sebagian buku jika lembar kertasnya dipegang maka sebagian akan hancur berkeping-keping. Salah satu buku diantara deretan buku tua terdapat adalah novel terbitan tiga puluh satu tahun yang lalu berjudul Shanghai. Kertasnya sudah kuning, namun sampulnya masih utuh dan lembaran halamannya bebas dari lipatan.

IMG_0138

Cover

halaman

Halaman

Tertarik membacanya? Saya tidak. Jujur, tulisannya itu yang membuat saya enggan membacaya. Terlalu kecil dan terlalu ‘tulisan semua’. Maklum, teknologi zaman dahulu mencetak sebuah gambar adalah hal yang tidak mudah. Namun buku tua ini masih bisa saya gunakan, meskipun bukan untuk dibaca ceritanya, paling tidak saya bisa melihat referensi-referensi istilah bahasa Inggris di buku ini sekaligus dengan cara menerapkannya dalam kalimat. So.. meskipun saya tidak pernah tahu apa ceritanya, tapi setidaknya saya tahu bahwa sang penulis berusaha semaksimal mungkin agar tulisannya mudah dimengerti.

Leave a Reply

