Connectors

Connectors

Saat ingin membeli atau sekedar melihat-lihat laptop ataupun telpon seluler, saya pasti bertanya konektornya apa saja. Biasanya jawabannya USB, HDMI, AC Power, VGA, mic, dan earphone. Jika salah satu dari konektor  itu tidak ada, maka saya pasti akan mencari converternya. Tapi biasanya jika sudah melalui converter, kualitas data yang ditransfer biasanya akan berkurang akibat perbedaan kemampuan melajukan data dari source satu ke source yang lainnya.

Memang sedikit mengkerankan mengapa beberapa device menghilangkan konektor yang populer dan memilih untuk menggunakan konektor lain yang lebih khusus dan spesifik hanya dan hanya jika digunakan untuk devicenya sendiri. Akibat ‘keekslusifan’ ini pula lahir beragam konverter konektor dan beredar di pasaran.  Terkadang pembeli tidak begitu mempedulikan kualitas kecepatan melajukan datanya. ‘Yang penting cocok dan nyambung‘.

Ngomong-ngomong soal melajukan data, selama hampir setahun ini laptop saya harus hidup dengan dua keping RAM yang berbeda PC -nya. Istilah PC digunakan untuk menentukan kemampuan transfer data dari RAM tersebut. Akibatnya, blue-screen khas MS Windows menjadi menu rutin dengan rata-rata tiga kali dalam sehari. Setelah diganti dengan RAM ber PC sama, Alhamdulillah hari ini belum ada satu pun menu rutin tersebut muncul. Terima kasih klinik Tong F^ng.. #lho??

So, setelah mengetahui hal itu, pertanyaan rutin lainnya yang biasanya saya tanyakan adalah tentang kualitas dan kecepatan transfer. Yaa.. meskipun pada akhirnya rata-rata saya mendapat jawaban ‘standar Mas, seperti biasa yang penting nyambung‘. Haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s