Karcis vs Tiket

Suatu hari saya bercakap-cakap dengan salah seorang teman,

Saya: Eh.. buru-buru amat mau pulang?

Teman: Iya nih, saya mau mudik, mau beli tiket bus.

Saya: Perasaan dulu waktu kecil saya menyebutnya karcis bus, sekarang zaman makin gaya saja. Segalanya disebut tiket.

Teman: Lho..? bukannya sama saja ya..?

Saya: Haha.. entahlah..

Gara-gara percakapan ini saya pun mencari tahu apa beda karcis dan tiket. Sebenarnya baik karcis maupun tiket memiliki arti yang sama. Namun pasti ada maksud tertentu sehingga arti yang sama tersebut displit menjadi dua kata yang berbeda. Jika saya tidak salah ingat, waktu kecil dulu lembar karcis digunakan untuk sesuatu pada kelas ekonomi dan harganya cenderung terjangkau oleh semua kalangan, sedangkan tiket dipakai untuk sesuatu pada kelas eksekutif dan harganya lebih tinggi sehingga hanya mampu dibeli kalangan tertentu saja. Karcis hanya selembar sobekan kertas, sedangkan tiket berbentuk seperti buku min dan diberi bungkus amplop.

Oya, ada juga yang bilang kalau karcis untuk membeli sesuatu tanpa nomer pemesanan tertentu, sedangkan tiket diberi nomer khusus yang menandakan nomer pesanan pemilik tiket sehingga orang lain tidak dapat memilikinya. Contoh, karcis parkir dan tiket pesawat, karcis parkir tidak dicatat nomer lahan parkirnya, sedangkan tiket pesawat mencatat nomer bangku penumpang.

Sekarang tampaknya kata karcis sudah jarang digunakan, segalanya sudah berubah menjadi tiket. Baik yang memiliki nomer bangku maupun tanpa nomer bangku. Karcis parkir sudah jadi tiket parkir. Jelas saja, segala sesuatunya sudah menjadi semakin mahal sehingga karcis yang dulu terkenal ekonomis pun mendekati ambang kepunahan.

Leave a Reply

