Tinta Ori atau Infus?

Baru saja saya mendengar sebuah iklan layanan masyarakat dari radio yang membahas tentang pemilihan printer. Dari pariwara tersebut, ternyata survey (yang dilakukan oleh salah satu produsen printer) membuktikan bahwa kepuasan pengguna printer yang paling utama terletak pada kecepatan proses pencetakan dokumen. Saya setuju dengan hasil survey ini, mengingat kecepatan cetak printer sangat membantu saya menyelesaikan dokumen tugas yang biasanya saya selesaikan mendekati deadline. Lebih lanjut pariwara tersebut juga menginfokan bahwa kualitas dan performa paper roller printer menempati posisi dua, sedangkan kualitas hasil cetakan ada pada urutan ketiga sebagai faktor utama kepuasan pelanggan printer.

Namun, disamping faktor kepuasan tersebut terdapat beberapa faktor yang menyebabkan konsumen menjadi ill feeling terhadap suatu printer. Faktor negatif pertama adalah masalah pengisian tinta. Harga tinta yang relatif mahal menjadi masalah utama dan kapasitas tinta original yang terlalu kikir memang sangat menjengkelkan. Selain faktor harga, juga terdapat kendala waktu yang dibutuhkan untuk membeli tinta baru ketika tinta habis. Atas dasar ini, maka muncul solusi untuk menginfus tinta ke dalam printer. Namun, solusi ini bukannya tanpa masalah, jika terjadi masalah pada head printer maka akan sulit diperbaiki. Selain itu, sering terjadi paper jam akibat adanya ganjalan selang infus pada printer saat mencetak.

Jadi, sebaiknya pilih printer dengan tinta original atau infusan? Jika original, maka kualitas sangat baik, roller relatif lancar, namun harga sedikit lebih mahal, harus persiapan lebih dari 1 paket tinta, serta harus siap ganti printer jika sudah tidak ada lagi tinta yang kompatibel dengan printer. Sementara jika infusan, roller sering macet, harus sering-sering head cleaning, kualitas sedikit dibawah original,  namun relatif murah dan mampu memecahkan masalah kekurangan tinta mengingat kapasitas tabung tinta rata-rata hingga 100 ml – 200 ml.

Pendapat saya, saya tetap memilih printer tanpa mekanisme infus. Namun saya juga menyiasati dengan menyiapkan beberapa alat suntik tinta manual yang dapat dibeli di toko-toko elektronik. Karena saya adalah salah satu konsumen yang beranggapan bahwa kecepatan proses cetak adalah ukuran utama dari performa suatu printer. Pilih infus atau original, semuanya tergantung pertimbangan kita terhadap ukuran mana yang paling menentukan kualitas printer.

Semoga bermanfaat.  ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s