Feature Technology, Teknologi yang Memberikan Kesejahteraan Rakyat

Pada tanggal 24 Juli 2012 pukul 13.00 WIB, saya berkesempatan mewawancarai Prof.Dr.Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro. Beliau adalah guru besar Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB. Pada pertemuan dengan yang berlangsung selama dua jam lebih ini, beliau mengemukakan beberapa gagasan serta pandangan tentang future technology yang dapat dikembagkan di negara Republik Indonesia. Berikut adalah pemaparan singkatnya.

 

Sebelum membahas tentang apa saja yang dapat menjadi future technology atau teknologi masa depan yang dapat diterapkan di Indonesia, maka kita harus memahami apa pengertian teknologi itu terlebih dahulu. Berdasarkan sifatnya, pengertian teknologi dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Teknologi umum, adalah teknologi yang melibatkan banyak disiplin ilmu.
  • Teknologi khusus, adalah teknologi yang melibatkan satu atau hanya beberapa disiplin ilmu.

 

Berdasarkan proses atau tujuan penerapannya, pengertian teknologi dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Teknologi sederhana, teknologi yang diciptakan untuk membantu manusia menyelesaikan persoalan sederhana seperti alat remote sensing dengan menggunakan sensor infrared yang berguna untuk mengetahui tingkat kematangan hasil pertanian.
  • Teknologi kompleks, teknologi yang diciptakan untuk membantu manusia menyelesaikan persoalan yang lebih rumit dengan kompleksitas tinggi seperti teknologi pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit, industri kosmetik. Teknologi kompleks dapat terdiri dari beberapa teknologi sederhana yang saling terintegrasi. Ciri khas dari pemanfaatan teknologi ini adalah harga jual yang jauh lebih tinggi dari harga bahan baku.

 

Teknologi selalu berkembang sesuai dengan pemikiran manusia yang menyatakan bahwa tidak ada solusi yang benar-benar menyelesaikan permasalahan secara kehidupan tuntas. Merujuk pada konsentrasi  pengembangan teknologi yang dilakukan oleh negara asing seperti Amerika, negara tersebut cenderung mengarahkan pada pengembangan ilmu pengetahuan. Arah pengembangan seperti ini menghasilkan banyaknya ilmuan Amerika berprestasi yang memperoleh reward seperti penghargaan Nobel. Berbeda dengan Amerika, negara Jepang cenderung mengarahkan pengembangan teknologi pada penerapan ilmu yang sudah ada. Arah pengembangan ini memberikan dampak pada kenaikan nilai tambah terhadap suatu barang hasil industri.

 

Dari pemaparan tentang pengertian dan pengembangan teknologi tersebut, maka teknologi seperti apakah yang ideal untuk diterapkan di negara Indonesia? Namun sebelum membahas future technology untuk Indonesia, kita perlu mengetahui potensi-potensi apa saja yang dapat dikembangkan di Indonesia.

 

Dengan penerapan teknologi, Indonesia berpotensi meningkatkan pendapatan perkapita nasional. Potensi ini dituangkan dalam masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011 – 2045 yang dapat dilihat pada gambar berikut.

Masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011 – 2045.

 

Dalam mewujudkan masterplan tersebut, perlu dilakukan peningkatan hasil produksi dasi berbagai sektor industri ekonomi utama di Indonesia. Adapun sektor-sektor tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

Sektor industri di Indonesia yang perlu dilakukan peningkatan kapasitas inovasi dan teknologi.

 

Tantangan yang dihadapi dalam peningkatan kapasitas inovasi dan teknologi pada ekonomi utama Indonesia terdiri atas tantangan IPTEK dan tantangan SDM. Tantangan IPTEK adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dari hasil inovasi dan ciptaan sehingga ekonomi tidak terlalu bergantung pada hasil warisan. Sedangkan tantangan SDM adalah bagaimana meningkatkan sumber daya manusia yang ahli. Tujuannya adalah peningkatan produktivitas dari keunggulan komperatif menuju keunggulan kompetitif.

Peningkatan produktivitas menuju keunggulan kompetitif.

 

Untuk menjawab tantangan tersebut, teknologi perlu dikuasai dan dikembangkan pada delapan area industri. Teknologi-teknologi yang perlu dikuasai dan dikembangkan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah. Penerapan teknologi ini dimaksudkan agar nilai tambah produk semakin meningkat sehingga negara tidak menjual bahan mentah kepada pihak asing, melainkan barang-barang produksi hasil inovasi teknologi dengan harga yang lebih kompetitif.

 

Teknologi yang perlu dikuasai dan dikembangkan.

 

Sebagai contoh teknologi yang perlu dikembangkan pada bidang pertanian dan perkebunan yaitu penggalian nilai tambah kakao. Persoalan yang terdapat pada pertanian kakao adalah keberagaman jenis dan hasil panen, serta ketergantungan pada iklim yang sangat tinggi. Hal ini berdampak pada keberagaman bahan baku serta ketidak pastian waktu panen dan waktu pasokan bahan baku untuk industri pengolahan. Atas dasar tersebut, perlu dilakukan pengembangan inovasi teknologi agar gap yang ada dapat diatasi.

Penggalian nilai tambah kakao.

 

Pada dasarnya, yang termasuk pada future technology dan perlu dikuasai dan dikembangkan adalah teknologi yang dapat memberikan kesejahteraan rakyat. Dilihat dari potensi sumber daya alam Indonesia, maka teknologi yang perlu dikuasai dan dikembangkan adalah teknologi yang dapat memberikan nilai tambah pada hasil produksi sumber daya alam Indonesia. Disamping itu, terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam rangka menjaga keselarasan. Kriteria tersebut antara lain, teknologi tersebut harus clean dan bebas dari polusi limbah, tidak panas, serta memiliki dampak negatif yang minimal.

 

Pengembangan future technology ini harus didukung dengan pengembangan dasar keilmuannya. Perkembangan teknologi expert system memungkinkan mesin memiliki kemampuan yang menyerupai kemampuan manusia. Salah satu pengembangannya adalah teknologi yang menyerupai peran indera manusia. Sebagai contoh, pada saat ini peran penciuman manusia masih sangat dominan dalam penentuan kualitas tembakau sedangkan expert yang dimiliki sangat terbatas dan tidak sebanding dengan luas lahan tembakau. Untuk itu diperlukan teknologi yang mampu membedakan kualitas tembakau berdasarkan aromanya. Contoh lainnya, saat ini telah ada alat bantu pendengaran yang merupakan hasil inovasi teknologi pada bidang kesehatan. Tantangan yang lebih berat berkaitan dengan bidang computer vision, yaitu bagaimana teknologi memiliki kemampuan yang menyerupai kemampuan mata manusia atau bahkan dapat memperbaiki penglihatan manusia yang telah tidak berfungsi secara sempurna.

 

Tabel rangking on the science scale pada beberapa negara.

Tentu saja pengembangan dasar keilmuan ini harus didukung dengan perkembangan tenaga peneliti. Data menyebutkan bahwa science score Indonesia adalah 39,3 dan tergolong lebih rendah dari negara-negara maju seperti Finland, Hongkong, Kanada, Jepang, Korea Selatan, bahkan Thailand. Upaya yang paling mungkin untuk meningkatkan science score Indonesia adalah dengan memperbanyak mahasiswa yang melakukan penelitian dan pengembangan pada teknologi yang memberikan nilai tambah pada hasil industri. Upaya untuk memberikan suasana yang kondusif dengan cara menghargai hasil karya peneliti juga sangat diperlukan dengan tujuan agar pengembangan keilmuan dapat dilakukan secara terus menerus dan teknologi semakin berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s