Apakah Ikan Primitif Perlu Minum?

Di aquarium, saya memelihara dua ekor ikan purba bernama si Naga (jenis naga palmas) dan si Buaya (jenis aligator). Suatu hari saya mengisi air aquarium hingga penuh dengan batas selotip berwarna hitam di bagian atas. Namun setelah 2 bulanan, airnya mejadi surut hingga terlihat seperti gambar di atas. Saya heran, padahal tidak ada tetesan air pertanda aquarium bocor. Hingga akhirnya saya bertanya-tanya, apakah ikan ini perlu minum atau tidak ya? Bisa jadi kan airnya diminum sama si ikan.

Ada beberapa referensi yang menyatakan kadar garam bergantung pada kebutuhan ikan akan minum. Tapi saya belum dapat referensi yang lengkap tentang ikan primitif. Beberapa ada yang menyatakan perlu, namun ada juga yang bilang tidak perlu dan keduanya masih bergantung pada kadar garam dalam tubuh ikan. Ah.. entahlah.. Tapi saya juga masih bertanya-tanya, kalau misalnya manusia minum berlebih perlu pasti juga perlu untuk mengeluarkannya. Bagaimana dengan ikan ya..? Kalau ternyata ikan sama dengan manusia, maka harusnya air aquarium saat ini berubah menjadi agak asin. Gimana klo kita buktikan saja, cicipi air aquarium ini. Hueksss..!! ~__~!!

Leave a Reply

