Si Naga

Setelah beberapa kali muncul dalam postingan blog ini, sekarang izinkan saya memperkenalkan profil si Naga. Si Naga adalah nama yang saya berikan untuk ikan jenis naga palmas milik ayah yang sekarang menjadi tanggung jawab saya untuk merawatnya. Saya tidak tahu pasti kapan tanggal ulang tahunnya karena si Naga kami adopsi dari toko ikan dekat Gegerkalong Hilir, Bandung. Saat itu ukurannya masih sangat kecil, kira-kira sekitar 2 cm. Sekarang umurnya kira-kira 6 sampai 7 tahun-an. Makanan kegemarannya adalah ikan lele kecil.

Jika diperhatikan lebih seksama, si Naga ini memiliki gen albino. Matanya yang berwarna merah mengisyaratkan bahwa dia tidak dapat melihat dengan baik. Indikator yang paling mudah dilihat adalah saat dia berenang pasti selalu membentur apapun yang ada di depannya. Meskipun demikian, kekurangan tersebut tampak tidak berpengaruh terhadap instingnya untuk menyantap makanannya yang lincah.

Tempat bermain favoritnya adalah blower air aquarium. Si Naga sering kali tampak sedang bermain sembur-semburan atau hanya melingkar-lingkar di sekitar blower air tersebut. Menurut beberapa orang, harusnya dalam umur kira-kira 7 tahun ini ukuran badannya bisa beberapa kali lipat dari kondisinya sekarang. Mungkin karena faktor ukuran aquarium yang kecil dan periode pemberian makan yang tidak begitu sering menyebabkan pertumbuhannya terhambat.

Oya, tadinya saat ayah memasukkan salah satu jurasic fish bersirip banyak ini ke aquarium, tidak ada satu pun anggota keluarga maupun para tamu yang berkunjung yang menyukai bentuk fisiknya. Alasannya karena bentuknya menyeramkan mirip ular dan tidak menarik. Namun pendapat tersebut langsung berubah saat melihat gaya berenangnya yang anggun.

Menurut saya, si Naga adalah ikan yang sangat mudah untuk dipelihara. Jujur saja, saya bukan orang yang pandai merawat ikan namun diluar ukuran badannya yang terhambat tampaknya si Naga tumbuh dengan baik. Oya, ikan ini tergolong rakus jika bertemu makanan favoritnya. Menurut beberapa forum diskusi, makanan favorit predator ini adalah ikan mas kecil namun si Naga lebih menyenangi ikan lele sebagai makanannya. Perhatikan juga jumlah makanan yang ditebarkan di aquariumnya jangan terlalu banyak. Si Naga ini terbiasa menggigit semua makanannya terlebih dahulu sebelum memakannya. Otomatis air akan lebih cepat kotor karena bangkai makanannya. Oleh karena itu, jika majikannya adalah orang yang tidak begitu menyukai proses mengganti aquarium sebaiknya beri makan dengan jumlah yang sedikit saja.

Demikianlah beberapa hal yang saya ketahui tentang si Naga ini. Sebenarnya yang lebih tahu adalah majikan aslinya (ayah saya), tapi menurut saya kepribadian masing-masing ikan itu berbeda-beda meskipun memiliki jenis yang sama. Oleh karena itu, untuk memahami bagaimana kepribadian ikan yang dipeliharannya adalah dengan memeliharanya dengan sebaik-baiknya.

Semoga bermanfaat. ^_^

6 responses

    • Saya pernah liat yang panjangnya lebih kurang satu meter. Kalau sudah besar bentuknya lumayan mengerikan. Lucunya, penjualnya malah menyimpannya di dalam aquarium yang pas-pasan dengan ukuran badannya. Haha..

  1. Mas 2persen bisa kasih saran?
    Pagi ini ikan naga aku “kabur” dari aquarium. Engga tau uda berapa lama dia di darat. Pas aku temuin Alhamdulillah masih hidup.
    Tapi koq dia megap2 terus yah? Apa ada kerusakan organ krn kurang O2?
    Harus diapain ya biar dia balik sehat n lincah lagi? Di aquarium sdh pake gelembung yg lumayan kenceng.

    • Hmm.. saya kurang paham ttg organ ikan naga, tapi kalau tidak salah jika ikan lama berada di luar lingkungan normalnya maka akan terkena stress. Baca-baca dari blog orang lain, ikan yang sedang stress jadi gak bisa apa-apa termasuk makan. Makanya kalau ikan stress kemungkinan bertahan hidupnya kecil. Penjelasan lebih lanjut ttg stress pada ikan bisa dicari di gugel saja. Mungkin garam ikan bisa membantu mengatasi stress pada ikan naga. Kalau dosisnya sih saya kurang paham ya, tapi bisa ditanya ke penjualnya.

      Btw, nama saya Fadhil. ^^

  2. Ikan palmas sy sudah 30cm, cuma kemarin kabur sampai mendobrak tutup akuarium. Skrg dia puasa jd g mau makan…..malah ikan umpan menari2 didepan dia pun dia g bergairah. Gimana ya?? Ada saran..

    • Si Naga (alm) saya juga pernah begini. Awalnya dia tidak mau makan, tapi lama-lama mau makan. Mungkin gejala stress ringan (mungkin, saya hanya mengira-ngira saja). Biasanya saya tidak nyemplungin makanan dulu beberapa saat, nyalain blower saja. Karena jika menyalakan blower sambil memberi makan, ikan lele kecil makanannya sering tersangkut di blower. Saya beri makan setelah si Naga mulai bermain-main dengan blower.

Leave a Reply

