Interactive BI: Sales Rank (Part II)

Masih ingat dengan Interactive BI: Sales Rank (part I)? Apabila cluster berada di dalam quadran (I, II, III, atau IV), maka kita dapat memprediksi apa pengaruh kenaikan atau penurunan harga terhadap sales rank-nya. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan penyebaran data ada di sekitar sumbu x ataupun sumbu y? Hmm.. menurut saya, apabila berada di sekitar nol berarti sudah pasti tidak ada hubungan antara sales rank dan kenaikan atau penurunan harga, namun untuk model ini mungkin saja ada pengaruh hari di dalamnya. Namun untuk mendeteksi faktor hari dari data tersebut tidak ada keterangan yang menjelaskan hari akan sangat sulit dilakukan. Hal yang sangat mungkin dilakukan adalah dengan memberlakukan association rules. Namun grafik ini menurut saya tidak dapat mempelihatkan association rule, jadi butuh model BI baru yang dapat memperlihatkan association rules. Tapi kira-kira seperti apa ya bentuk grafiknya..?? Hmm.. jadi PR besar nih buat pendesain dashboard. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s