Tes Turing: Manusia vs Komputer

Tes Turing adalah tes untuk menguji kehandalan dari intelegensia buatan. Skema dan penjelasan lainnya dapat di lihat di sini. Pada intinya, tes turing ini adalah rangkaian uji coba pada suatu sistem intelegensia buatan sehingga tidak ada yang tahu bahwa output dari sistem tersebut adalah hasil pemikiran komputer, artinya komputer dapat berfikir layaknya manusia.

Sebagai salah satu contoh, pada tulisan saya sebelumnya terdapat sebuah paper generator yang dapat membuat paper secara otomatis dalam waktu singkat. Untuk membuktikan intelegensia buatan pada paper generator tersebut sudah handal, maka paper yang berhasil di generate otomatis dipublish pada konferensi namun kecuali developer tidak ada pihak lain yang mengetahui bahwa paper tersebut adalah paper hasil generator. Menurut pengakuan developernya, paper tersebut berhak untuk dipublikasikan dan tidak ada keraguan baik dari segi bobot konten maupun dari segi plagiat. Mengerikan bukan?

Diadakannya tes turing ini sebenarnya bukan semata-mata membuat komputer menjadi super cerdas, namun juga menuntut manusia untuk menemukan apa celah kelemahan manusia dan membuat suatu strategi dan sistem yang dapat menandingi sistem intelegensia buatan tersebut. Jadi, jika suatu saat terjadi perselisihan antara manusia dengan komputer, maka manusia akan selalu lebih pintar dari komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s