Mengemudi Harus ‘Cool’

Suatu hari saya diantarkan oleh seorang teman dengan mobilnya ke daerah jalan Padjadjaran yang terkenal macet, terutama di sore hari. Macet memang hal yang paling membosankan bagi seorang pengemudi. Semua orang yang sering lewat jalan tersebut pasti mengerti apa yang menyebabkan jalanan menjadi macet. Ya.. benar!! Itu kereta api yang sedang melintas.

Dari mana kita tahu itu kereta api? Ciri-cirinya adalah lajur yang berlawanan arah akan tampak sepi – sangat sepi.Kondisi inilah yang dimanfaatkan oleh pengemudi yang tak mengenal tata tertib serta angkutan umum untuk mengambil lajur yang berlawanan arah serta berusaha menyerobot di ujung lintasan. Inilah yang merupakan penyebab macet susulan pasca palang pintu kereta api diangkat.

Kebetulan lokasi tujuan saya di bagian lajur berlawanan tepat sebelum palang pintu kereta api. Padahal teman saya bisa saja menyerobot lajur berlawanan dan berharap palang pintu belum diangkat. Namun, teman saya dengan tenang menunggu antrian kendaraan berjalan dengan tertib dan tidak berusaha berbuat curang dengan menerobos lajur berlawanan.

“Jadi pengemudi itu bukan hanya harus pintar nyetir, tapi juga harus cool. Percuma mobil kita bagus kalau pengemudinya gak punya tata krama. Kalau ada cewek yang lihat, mau taro dimana muka kita.” Pesan teman saya.

Hmm.. sepertinya kalimat ini berlaku juga untuk pengendara motor. Sebaiknya kita bersikap cool saat macet dengan cara tidak berjalan di trotoar. Kalau ada yang lihat gimana? Masih mending pakai helm full-face, kalo ngak mau ditaro dimana muka kita? Hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s