Lima Hal yang Harus Dijawab dalam Disertasi

Disertasi adalah dokumen karya ilmiah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S3 sebagai syarat untuk memperoleh gelar doktor. Agar dapat dikatakan disertasi yang baik, maka isi disertasi tersebut harus mampu menjawab beberapa hal yang berhubungan dengan poin-poin, sebagai berikut:

Manfaat dan Urgensi

Isi disertasi harus bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup manusia. Selain bermanfaat, sebuah disertasi harus mempertimbangkan faktor urgensi dari penelitian yang dilakukan. Manfaat dari disertasi dapat berupa manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka pendek atau pun manfaat yang akan dirasakan pada masa yang akan datang. Faktor manfaat dan urgensi disertasi dapat ditinjau dari pengaruhnya terhadap keselamatan jiwa atau dari ukuran ekonomi.

Kompleksitas

Disertasi harus mampu menjawab masalah yang kompleks. Disertasi yang membesar-besarkan masalah yang sebenarnya sangat sederhana akan disebut sebagai disertasi yang ‘trivial‘, sedangkan disertasi yang memandang masalah yang sebenarnya sangat kompleks dengan terlalu sederhana akan disebut sebagai disertasi yang ‘naive‘.

Kebaruan

Isi disertasi harus memiliki kebaruan yang merupakan kontribusi dari penulis terhadap pemecahan masalah yang diangkat. Disertasi tidak boleh mengulang penelitian yang pernah diteliti oleh orang lain. Faktor kebaruan ini juga yang membedakan antara disertasi satu dengan lainnya. Kebaruan dapat berarti sesuatu yang benar-benar baru dan belum pernah diteliti sebelumnya, atau dapat berarti kontribusi yang menghasilkan solusi yang lebih baik metode pemecahan sebelumnya.

Akurasi

Akurasi berarti performa dari solusi terhadap suatu masalah dapat terukur dan signifikan dari metede yang sudah ada.

Generik

Solusi yang diajukan pada disertasi harus ‘membumi’, artinya dapat diimplementasikan untuk mencari solusi pada berbagai masalah. Dengan kata lain, isi disertasi harus mampu menjawab berbagai masalah. Disertasi yang ideal adalah yang berada pada level semantik dari 4 level pencapaian (pragmatis, statistik, sintaksis, dan semantik).

One response

  1. Pingback: Proses yang Efektif « 2persen's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s