Hai Jack!

Sore tadi saat bermain ping-pong, ada seorang berkebangsaan Uzbekistan bernama Jack dari jurusan pascasarjana Bahasa Indonesia sedang asik menonton kami bertanding di depan ‘Gedung Ilkom’. Awalnya dia penasaran dengan permainan kami hingga akhirnya dia memberanikan diri untuk meminjam bat ping-pong kami. Entah kenapa beberapa mahasiswa yang ada di sana enggan mengajaknya berbicara, maklum karena dia belum bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Untungnya ada 2 orang temannya yang fasih berbahasa Inggris mendampinginya yang dapat menyampaikan maksud perkataannya.

Entah mengapa, meskipun saya tidak begitu mahir berbahasa Inggris dengan spontan mengajak Jack untuk ngobrol beberapa hal. Eh.. ternyata pembicaraan kita mengalir begitu saja tanpa ada kendala. Bahkan hingga akhir saat kami akan berpisah, Jack pun bertanya beberapa hal yang berhubungan dengan si Macan Putih. Tampaknya Jack begitu tertarik dengan si Macan Putih. Saat rekan saya bertanya apa yang membuatnya tertarik, Jack menjawab karena bentuknya yang gagah.. hahaha.. Si Macan Putih jadi ‘ngapung‘.. hahaa..

Pelajaran yang menarik dari kejadian ini adalah kita tidak akan tahu kita bisa jika kita tidak mencobanya. Saya dulu pernah merasakan seperti apa yang Jack alami sekarang. Saya yang masih sangat kecil dan tidak menguasai bahasa Inggris sama sekali waktu itu berada di lingkungan Mississippi yang mayoritas tidak bisa berbahasa Indonesia. Apa boleh buat, ngomong ya ngomong aja.. Hingga akhirnya seminggu di sana saya pun sudah berani berbahasa Inggris meskipun bikin kening orang yang saya ajak ngobrol berkerut.. hahaha.. Begitu pula saat saya kembali ke Indonesia, tepatnya dari Mississippi ke Padang, serta dari Padang ke Bandung. Persoalan bahasa, saya yakin kita semua bisa jika kita terbiasa. Walaupun kenyataannya untuk nilai pelajaran bahasa saya.. tetep.. di bawah standar.. hahaha..😛

Leave a Reply

