Mental 10 Ribu

Saat sedang nongkrong di warung, seorang laki-laki yang tidak saya kenal bernama Abe (bukan nama sebenarnya) dan pasangannya bernama Ica (juga bukan nama sebenarnya) tiba-tiba bertanya kepada saya.

Abe : Pak, saya bisa bertemu dengan Pak AD (bukan nama sebenarnya juga).

Saya : Pak AD siapa ya..?

Ica : Itu, kunci motor saya ketinggalan di motor, katanya ada di Pak AD.

Saya : Pak AD siapa ya..?

Tiba-tiba muncul suara dari belakang warung, dia mengaku sebagai Pak AD.

Pak AD : Ada perlu apa..?

Abe : Pak, tadi saya ketinggalan kunci motor, katanya ada di Pak AD.

Pak AD : Kamu dari mana..? Apa tujuannya kemari..? (dengan nada membentak)

Abe : Saya mau bertemu Pak AD, Pak. (Abe sendiri belum mengetahui dia berbicara dengan Pak AD)

Pak AD : Kamu dari mana?

Abe : Habis futsal Pak di atas.

Pak AD : Lah, itu cewek siapa..? (Dasar Pak AD yang kecentilan)

Ica : Ya saya menemani Abe futsal lah Pak. (Ya iya lah.. masa mau nengok ente..)

Pak AD : Hoo.. Kamu dari SMA mana..? (Pertanyaan gak penting)

Abe : Saya sih udah bukan anak SMA Pak.

Pak AD : Klo kamu yang cewek..? (kecentilannya menjadi-jadi)

Ica : SMK *** Pak.

Pak AD : Oh.. kamu berarti diajar sama Ibu ****** dong..? (sok SKSD kayak pembokat aja)

Ica : hah..? (Maksud lho apa..?)

Pak AD : Oh.. bukan ya, gak diajar kimia ya..?

Ica : Ha..?? (bengong dengan tingkah Pak AD)

Pak AD : (sambil marah-marah berkata) Kamu itu tau gak disini harus hati-hati. Klo motor hilang kita yang tanggung jawab. Kan motor itu harganya mahal. Kamu klo gak suka jangan parkir di sini.. bla.. bla.. bla.. blaa..

Dalam 10 menit Pak AD mengoceh, dan Abe serta Ica hanya bengong ngeliat si Bapak maksudnya apa.

(10 menit kemudian)

Pak AD : Begini aja, disini ada aturannya. Klo ada kunci yang ketemu sewajarnya bayar 10 ribu. Ini bukan buat Bapak, tapi buat yang nemuinnya. Semua juga kayak gitu. Mahasiswa lama juga sama. Pokoknya tanpa kecuali. Bla.. bla.. bla.. (ngoceh sampai 5 menitan.)

Abe : Tanpa pikir panjang ngeluarin duit 10 ribu. (Makan tuh 10 ribu!!).

Pak AD : Ini ikhlas kan..?

Abe dan Ica : Kuncinya mana..? (Minta duit aja banyak bacot)

Pak AD : Ya udah diluar aja.

Akhirnya mereka keluar dan hilang dari pandangan saya. Entah apa yang terjadi jika posisi mereka dibalik..? Tapi saya masih percaya bahwa kebaikan InsyaAllah akan dibalas kebaikan. Mental 10 ribu pun balasannya ya.. kira-kira gak jauh dari 10 ribuan juga.

Leave a Reply

