Pelihara Ular

Dalam 2 minggu terakhir ini, hewan melata tanpa kaki ini jadi trend topic di sekitar rumah saya. Bagaimana tidak, pertama, mahasiswi yang kost di sebelah rumah saya dengan bangganya memperagakan ular peliharaannya. Mahasiswi itu sedang bingung, apabila dia berangkat KKN (kuliah kerja nyata) ularnya mau makan apa. Saya jawab saja, “Klo gak ada makanan, ya kamu yang dimakannya..” haha..

Selanjutnya, yang kedua ini sudah masuk berita di televisi. Ya, tentang penangkapan 5 ekor ular sanca ‘raksasa’ di desa Cicarita, belakang rumah saya. Lucunya ular ini tertangkap saat sedang menyebrang jalan raya. Kasian juga tuh ular, disamping sang penangkap enggan menyerahkan ke bonbin atau dilepas ke habitat aslinya, ular itu mau dikasih makan apa..? Efeknya, sudah ada beberapa warga yang menjadi korban keganasan ular-ular tersebut. Ada yang tergigit di pelipis hingga anak kecil yang kepalanya sudah berada di dalam mulut ular dan siap untuk ditelan. Syukurnya semuanya masih bisa diselamatkan. Maklum, ular juga bisa lapar.

Ketiga, suatu malam di turunan jembatan perumahan Pondok Hijau, ular berbisa yang ramping berwarna hitam dengan panjang.. hmm.. ya sepanjang jalan itu (kira-kira 2,5 meter) dengan liukan anggunnya lewat pesis di depan roda depan motor yang saya rem mendadak karena tidak mau melindas makhluk tersebut. Lucunya, saat saya memberi tahu warga tentang ular itu, eh ibu-ibu dan anak-anak berduyun-duyun mengejarnya. Entah berani atau bodoh, saya juga kurang paham. Yah begitulah antusiasme warga pada ular. Saya juga gak tahu mau diapakan ular tersebut setelah ditangkap. Ular yang malang.

Leave a Reply

