Azas Praduga Tak Bersalah

Suatu hari, saya dan rani pergi ke restoran yang bener-bener “slow service” banget. Makanan belum datang, eh.. malah ada tontonan menarik. Sang pelayang muda yang tadinya belagak ngebawa sebaki yang berisi 4 gelas minuman hanya dengan tangan kirinya, akhirnya mati kutu karena 4 gelas jus jambu (atau strawberi, karna warnanya sama.. hehe) yang dibawanya itu sudah berceceran di lantai beserta pecahan gelas akibat gaya grafitasi yang mengakibatkan momentum tak sempurna antara gelas dan lantai. Sialnya, zat kimia yang terkandung dalam jus beserta protein nabati yang terkandung dalam minuman itu mengenai baju dan tas salah satu pengunjung restoran. (lho.. kok jadi gini kalimatnya.. ~_~!)

Kejadian itu benar-benar menjadi pusat perhatian para pengunjung restoran itu. Masing-masing pengunjung berkomentar tentang hukuman apa yang akan diterima pelayan muda itu. Tak terkecuali saya dan Rani.

Rani: Wah kasihan tuh pelayan.

Saya: Kasihan kenapa?

Rani: Itu, jus tumpah salah dia kan?

Saya: Wah gak tau tuh, saya gak liat jelas. Tadi cuma liat pas tangannya oleng. Dia berusaha menyeimbangkan salah satu gelas oleng di tangannya malah gelas lain yang jatuh. Akhirnya jatuh semua deh.

Rani: Iya, pasti potong gaji tuh.

Saya: Klo harga minuman 15 ribu per gelas, berarti 4 gelas 60 ribu dong. Belum gelas, sama ganti rugi ke pengunjung karena baju dan tasnya kena cipratan.

Rani: Iya, mana gaji pelayan kan gak seberapa. Kasihan ya.

Saya: Klo saya bosnya sih, mungkin gak saya hukum klo ini kesalahan pertamanya.

Rani: Lho, kenapa? Ntar gak ada efek jera dong?

Saya: Kan klo yang pertama, tapi klo diulangi lagi baru dihukum.

Akhirnya makanan kami pun datang dan dengan sekejap kami melupakan kejadian itu.

Pembaca: Hey.. mana azas praduga tak bersalahnya?

Saya: Hehe… lupa, karna saya gak liat pasti kejadiannya seperti apa jadi saya gak bisa nyimpulin salah siapa, padahal mungkin orang bakal langsung menduga dia akan dimarahi besar-besaran, potong gaji atau bahkan dikeluarkan.. hehehe..

2 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s