Tuhan pun Sudah Mengatur Tempat Tumbuhnya Tanaman dengan Sempurna

Malam ini Ayahku datang sambil membawa Reader’s Digest edisi Februari 2011. Salah satu rubriknya tentang pedasnya cabe. Menariknya, cabe di Indonesia ini berstatus import dari Afrika. Konon katanya, cabe ini dibawa ke Indonesia pada abad ke-16 oleh para pedagang Spanyol.

Negara kita pun memiliki tanaman yang bercita rasa pedas yaitu pala, cengkeh dan lada hitam. Tanaman itu tumbuh dengan kualitas terbaik di negeri ini.

Namun dalam kuliner, semuanya jadi terbalik. Budaya kuliner masyarakat Indonesia justru meminati cabe sebagai sumber rasa pedasnya. Bahkan ada jargon yang mengatakan “ngak makan klo gak pake sambel”. Apalagi masakan Padang yang populer dengan rasa pedas yang keterlaluan.

Sebaliknya, negara-negara barat lebih menginginkan adanya rempah-rempah dari negara kita ada di dalam masakannya sebagai sumber cita rasa pedas yang membakar lidah. Bukankan ini pertanda bahwa Tuhan sudah mengatur tempat tumbuhnya tanaman dengan sesempurna mungkin? Tinggal manusialah yang menyikapi hikmah dibalik semua ini.

Semoga bermanfaat.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s