Pasrah Pada Keadaan

Salah seorang partner saya, penulis http://megasarirani.wordpress.com/ bercerita tentang membandingkan sebuah iklan sepatu boots dengan penemuan brilian orang India. Iklan sepatu tersebut mengambil setting saat kondisi banjir. Sepertinya komersial ini menyimpan pesan “banjir sudah tidak menjadi masalah untuk beraktifitas, kan sudah ada sepatu boots”. Lucu juga sih, ternyata beberapa orang pun sudah pasrah pada keadaan. Mungkin masalah banjir di negeri ini sudah tidak ada solusinya sehingga dicari solusi lain yang lebih mudah.. hehe..

Berbeda dengan apa yang terjadi di negara India. Di negara ini masih banyak masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan dan serba keterbatasan. Bukan hanya itu, mereka bahkan kesulitan untuk membeli alat-alat kesehatan dan peralatan lain yang bersifat pelayanan kepada masyarakat. Mereka pun pasrah bahwa mereka tidak meungkin menyaingi perkembangan teknologi negara-negara barat. Namun dari kepasrahan mereka, muncul banyak penemuan-penemuan brilian. Mereka berfikir jika mereka tidak bisa membeli alat-alat canggih produksi negara-negara barat, maka mereka menciptakan alat-alat alternatif yang fungsinya sama dengan alat canggih tersebut. Misalnya, di India yang memiliki masalah dalam populasi nyamuk maka masyarakatnya menciptakan alat perangkap nyamuk yang ekonomis dengan hanya bermodalkan tabung kaca dan saluran angin septic tank. Dan denger-denger India juga menciptakan alat penganti inkubator bayi yang jika diproduksi oleh negara barat harganya mencapai ratusan juta. Satu hal lagi yang terkenal di India adalah silicon valley ala India https://2persen.wordpress.com/2010/02/02/silicon-valley-ala-india/. Tidak ada yang menyangka negara India menjadi pusat outsource bagi perusahaan-perusahaan silicon valley asli.

So.. dua itu adalah contoh sikap “pasrah pada keadaan”. Sebuah renungan bagi saya, “saya termasuk yang mana ya..?”. Dan Anda termasuk yang mana..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s