Jadi Saya Gak Boleh Tanya Di Sini Aja?

Tadi malam saya bela-belain ke BEC demi mengupgrade laptop lama, karena performanya sudah menurun. Komponen yang akan saya beli adalah RAM dan HardDisk.

Sampai di BEC sudah pukul 19.30 WIB. Biasanya sih BEC tutup jam 8, resminya jam 9, maklum namanya pegawai pasti ingin pulang cepat. Tidak pikir panjang, saya menuju toko langganan saya dan menemukan jawaban bahwa dia tidak menjual RAM laptop. Akhirnya saya beranjak ke toko depan. Terjadilah percakapan yang aneh antara saya (S) dan pelayan (P).

S: Mas, jual RAM laptop DDR2 2GB, hmm.. pc berapa ya.. klo gak salah pc6400

P: Ada mas, DDR2 2GB PC6400 Merk V*****O tapi MAHAL mas.

S: (aneh.. dia ini jualan atau merendahkan orang ya) Oya? memangnya berapa harganya?

P: 400 ribu mas, tapi bisa kurang jadinya 375 ribu.

S: Oo.. iya mahal ya.. Saya sebelumnya lihat di Internet cuma 320 ribu. Gak kurang lagi ya..? (saya juga pasrah dengan harga segitu, tapi masih berusaha buat mengurangi harga)

P: Mas coba aja tanya ke toko sebelah, dia kan distributor juga.

S: (Diam sambil menatapi sang pelayang dengan aneh)

P: Maksud saya mas, coba aja tanyain dulu harganya berapa, nanti kalau lebih murah, mas beli aja di sana.

S: Ooo.. jadi saya gak boleh beli di sini?

P: Bukan mas, maksud saya tanyain dulu aja ke sebelah. Survey harga.

S: Buat apa? kamu jualan gak? Kampung banget nih pelayan toko. (Dengan sedikit kecewa saya keluar dari toko itu)

Akhirnya saya pun bertanya ke beberapa toko di BEC, dan tidak menemui toko yang menjual RAM laptop yang saya cari. Syukurlah, ada satu toko di lantai 2 bagian komputer yang mau menjual barang spesifikasi sama dengan harga 350 ribu. Dasar pembeli saya pun berusaha menawar dengan harga 340 ribu. Akhirnya terjadi kesetimbangan antara kami dan ijab kabul pembelian pun terlaksana.

Ternyata ada hikmahnya juga gak jadi beli di toko itu, karena benar kata pelayan itu ada toko yang lebih murah.. hehe..

Leave a Reply

