Vending Machine ala Cengkareng

Udah lama banget sejak kepulangan dari Amerika, akhirnya nemu juga vending machine yang self service (semua transaksi dilakukan secara mandiri). Sebenernya sih iseng aja jalan-jalan di terminal 2 bandara Soekarno Hatta. Tujuan utamanya adalah menjemput salah seorang teman yang baru pulang dari Brunei. Karena datangnya lebih cepat 1,5 jam, akhirnya inisiatif jalan-jalan menelusuri isi terminal 2. Yang menarik, di terminal ini banyak terdapat vending machine (mesin penjual minuman dan snack) seperti yang pernah saya lihat di Amerika. Sebenernya sih mesin ini sudah lama ada di sana, hmm.. mungkin karena bukan budaya kita, akhirnya mesin ini sepi pembeli.

Ini dia contoh vending machine ala Amerika:

Cara kerjanya:

  1. Masukkan uang koin, boleh 5 cent, 10 cent, 25 cent, 50 cent dan 1 dollar coin, atau juga kombinasinya. (ada juga versi uang kertasnya, tapi jika tidak ada biasanya disediakan mesin penukar uang koin)
  2. Pilih minuman/item lain yang tanda lampu indikatornya menyala.
  3. Minuman akan keluar di bagian bawah mesin.
  4. Jika masih ada sisa uang, dapat kita manfaatkan untuk membeli item lain atau tekan tombol cancel (biasanya tombol ini terletak di bagian kita memasukkan koin), sehingga mesin akan mengeluarkan uang sisa transaksi.

Nah.. ini dia vending machine ala Cengkareng:

Contoh di atas adalah mesin penjual kopi instan. Ada juga versi lain seperti mesin penjual snack maupun minuman ringan. Langkah kerjanya:

  1. Masukkan uang kertas 5 ribu, 10 ribu dan 20 ribu, atau kelipatannya. (jangan masukkan uang jenis lain, karena akan mengakibatkan masalah). Perhatikan, uang yang dimasukkan jangan sobek atau basah. Minimal uang tersebut tidak terlipat-lipat. Intinya, jangan terlalu jelek tapi tidak harus terlalu baru.. ^^
  2. Selanjutnya, pilih item dengan lampu indikator yang menyala. (tekan pada lampu tersebut)
  3. Khusus mesin penjual kopi, terlebih dahulu atur kadar gula yang akan dimasukkan ke dalam kopi.
  4. Tekan tombol OK.
  5. Item siap dinikmati.
  6. Jangan harap ada kembalian uang. (siapkan uang pas.., angkot mode on.. ^^)

Walaupun teknologinya masih kalah dengan yang ada di Amerika, namun vending machine ini adalah solusi untuk jajan murah di bandara.. hehe..

Semoga bermanfaat.. ^^

6 responses

  1. Infonya bermanfaat banget bro.. Aku pernah tuh pas di cengkareng mau nyobain tuh alat, tapi malu takutnya ga bisa ntar malah diketawain hihihi. Oh ya bro disitu kamu bilang ga ada kembalian, berarti kalau mau beli yang harga 5000 masukinnya juga uang 5000 ya?

    • Wah.. syukurlah klo bermanfaat.. Tadinya juga ragu-ragu sih mau nyobanya, tapi malunya kalah sama rasa penasaran.. hehehe.. Oya klo harga 5000 ya masukkan 5000, boleh lebih tapi ntar gak ada kembalian. Sisa uangnya bisa dibeliin item lainnya yang sesuai dengan uang kembaliannya.

  2. I’ll immediately snatch your rss feed as I can’t to find your email subscription hyperlink or newsletter service.

    Do you have any? Please allow me realize in order that I could subscribe.

    Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s