Mozilla Firefox Update 3.6, Kenapa Jadi Niru Chrome..?

Baru tadi malam saya mendapatkan notifikasi untuk melakukan update versi browser Mozilla Firefox yang terinstall di laptop. Tanpa pikir panjang, saya pun mengklik link tersebut, dan tak lama kemudian terisntall-lah sudah versi 3.6.

Ntah mengapa, sekilas saya mencoba ternyata ada beberapa fitur yang sedikit meniru inovasi dari browser Google Chrome. Pertama dari fitur Personas (ganti tema backgorund tampilan menjadi bergambar). Saya kurang tahu juga apakah fitur ini baru muncul atau saya saja yang baru tahu.. hehehe..

Screen capture dari: mozilla.com

Satu lagi, jika kita ingin membuka halaman pada tab baru (new tab), maka tab baru akan muncul di sebelah kanan tab halaman tersebut.

Screen capture tab browser Mozilla Firefox Update 3.6

Sepertinya kemiripan dengan Chrome ini memang disengaja demi menarik perhatian pengguna juga. Perhatikan saja theme Mozilla Firefox yang dapat didownload di situs mozilla.com. Ternyata dari sekian banyak theme, ada beberapa theme yang memang didesain semirip mungkin dengan Google Chrome.

Screen capture Mozilla Firefox update 3.6 dengan theme Google Chrome

Oya, Internet Explorer terbaru pun sedikit meniru gaya Chrome. Khususnya pada halaman about blank yang diganti dengan list history dalam bentuk thumbnail.

Screen capture list browsing  history  Google Chrome

Baru nemu sedikit sih, tapi ini bisa disebut kemajuan bagi mozilla. Sukses deh untuk mozilla, jangan sampai berbayar ya.. hehehe.. ^^

4 responses

    • Salam kenal juga, saya dari alumni Ilmu Komputer. Sekarang sedang melanjutkan kuliah di ITB. Saya masih baru dalam dunia Blog, mohon bimbingannya.. ^^
      Oya rencananya bagus, kapan direaliasikan? Mohon infonya ya.

  1. setau saya, persona bukan barang baru kok, udh lumayan lama(coba cek http://mashable.com/2007/12/16/firefox-personas/)
    nah kalo si chrome, baru sekitar bulan september/oktober taun lalu ngerilis versi yg bisa pake theme-nya.

    tapi kalo menurut saya g masalah sih contek-mencontek, kalo emg tujuannya mempermudah user. toh dulu juga browser g ada yg pake tab, yg pertama tuh opera, kesini-sini-nya semua browser pada pake tab kan?

    tapi kalo liat trend-nya sekarang, hampir semua browser emang berkiblat ke chrome sih, coba aja liat versi opera (yg alpha) sama safari yg paling baru, UI-nya mirip2 chrome. Bahkan si firefox aja buat yg versi 4 direncanakan pake UI yg mirip chrome (https://wiki.mozilla.org/Firefox/4.0_Windows_Theme_Mockups)

    • Haha.. Dwi bener, Personas memang udah hampir 3 tahun di Firefox. Oya klo saya sih pake Chrome karena lebih ringan saja. Firefox agak berat, terlebih lagi ditambah fitur-fitur yang ngeberatin tampilan (seperti personas). Apalagi klo buka aplikasi Facebook, klo ada yang tiba-tiba chat, maka jendela chat kebuka di semua tab yang menampilkan Facebook. Kadang-kadang bikin komputer saya hang.

      Tapi tetap terlalu dini mengatakan Chrome menjadi kiblat browser. Klo dari segi tampilan memang boleh, namun dari add-ons masih sangat jauh tertinggal. BTW tampilan Firefox 4 keren juga.. Thanks infonya Dwi..

Leave a Reply

