Antara Sportifitas dan Strategi

Pernah lihat pariwara mengesankan tentang sportifitas piala dunia FIFA 2010? Ceritanya tentang seorang striker yang mengurungkan niatnya untuk melesatkan tendangan volley ke gawang lawan karena kiper lawan sedang terbaring akibat terbentur tiang gawang. Walaupun gagal melesatkan gol yang peluangnya hampir 99% masuk, striker ini tetap mendapatkan sorak sorai seluruh suporter karena aksi sportifnya. Sangat mengesankan.

Oke, kita beralih ke pertandingan yang masih hangat dibicarakan. Laga pada Liga Champion Eropa yang mempertemukan antara FC. Porto dan Arsenal pagi kemarin (18 Feb 2010). Saat itu Arsenal takluk 2-1 atas tuan rumah FC. Porto. Tanpa bermaksud mendukung salah satu tim, menurut saya pertandingan ini diracuni oleh aksi kontroversial yang menghasilkan gol ke 2 FC. Porto sekaligus mengantarkannya menjadi pemenang laga ini.

pic. from: i.telegraph.co.uk

Diawali dari pelanggaran menangkap bola back-pass yang dilakukan kiper muda Arsenal, Lukasz Fabianski, wasit yang memimpin pertandingan pun menghadiahkan tendangan bebas untuk FC. Porto.

Tendangan bebas pun dilakukan dengan buru-buru dan terkesan mencuri-curi kesempatan saat pemain Arsenal belum siap. Yang menjadi masalah adalah, ternyata bukan hanya pemain Arsenal yang belum siap, namun tampak wasit pun belum siap dan masih dalam posisi menghalangi pemain Arsenal. Gol pun tercipta tanpa ada kesan sportif dan jelas tidak menghibur, namun wasit Hansson dari Swedia berpendapat lain dan menyatakan sebagai gol yang sah.

Ternyata pesan yang tersirat pada iklan FIFA 2010 memang sulit untuk dilaksanakan. Beberapa pihak dapat berkelit dengan menyatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari strategi. Namun tentunya ada batasan bahwa strategi hendaknya diterapkan dalam keadaan yang seimbang dan  bukan pada kondisi yang menguntungkan salah satu pihak saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s