Bagaimana Hak Cipta Untuk Code Reuseable?

Pertanyaan ini saya dapat dari lanjutan kuliah RPL Lanjut. Salah satu materinya adalah tentang ‘Coding Principles‘. Hendaknya suatu source code bersifat reuseable atau dapat digunakan berulang-ulang. Fungsinya adalah agar dapat digunakan kembali untuk pengembangan aplikasi lainnya sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan.

Pertanyaan yang timbul adalah, bagaimana jika source code tersebut menyebar ke masyarakat dan kemudian menghasilkan banyak produk baru tampa sepengetahuan pembuatnya? Selain itu bagaimana jika source code tersebut dimodifikasi atau dicopy mentah-mentah kemudian dijual kembali oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pembuat?

Agar tidak dimodifikasi tentunya suatu sorce code sebelum disebar harus di enkripsi dulu ke bentuk yang pihak lain tidak dapat memodifikasinya. Selain itu dicantumkan pula nama dan alamat pembuat agar jika terjadi bugs, pengguna dapat menghubungi pembuatnya.

Namun beberapa pihak mengatakan bahwa source code itu hendaknya open source. Semua berhak untuk menggunakan dan memodifikasinya secara bebas. Semua orang boleh berpendapat demikian dengan tujuan perkembangan ilmu pengetahuan.

Namun ada pertanyaan yang sedikit mengganggu pikiran saya, jika source code bisa dijadikan open source, bisa diperoleh secara cuma-cuma dan dapat di modifikasi secara bebas. Kira-kira konsep ini bisa tidak diterapkan pada pembuatan buku? Masalahnya buku-buku sekarang mahal-mahal, padahal buku dan source code kan sama2 kekayaan intelektual. Kenapa ngak buku dijadikan open to copy..? hehehehe..

2 responses

    • haha.. betul juga jay.. walaupun ada peringatan, sama saja seperti software.. hehehe.. Mudah-mudahan e-book juga sama ya jay.. hehehe.. Tapi hati2.. open to copy bukan berarti copy paste isinya, tapi bisa diperoleh secara cuma-cuma (maunya.. hehehe).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s