Silicon Valley Ala India

Masih seputar Silicon Valley (melanjutkan materi kuliah pertemuan-2 RPL-Lanjut, tadi siang, disampaikan oleh dosen), ternyata kesuksesan Amerika dengan Silicon Valley-nya mendorong negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama. Di Asia, kita akan menemukan negara China.

Siapa yang tidak kenal negara ini..? Negara ini memiliki banyak sekali sumber daya manusia yang menguasai keahlian di bidang IT. Banyak hacker dan cracker top berasal dari China. Produk-produk IT asal China pun seakan tidak terbendung lagi, bahkan harganya pun cenderung mencengangkan. Bayangkan saja, iPad yang baru dikeluarkan Apple beberapa ari yang lalu ternyata sudah ada versi Chinanya. Atau juga sebelum Apple meluncurkan iPad, orang China sudah meluncurkan produknya terlebih dahulu.

China kah yang menjadi pesaing Silicon Valley Amerika saat ini..? Ternyata bukan. India lah negaranya.

Lho.. ada apa dengan China..? Ternyata China memiliki aturan tentang IT yang ketat. China seolah-olah memiliki firewall yang besar layaknya Great Wall untuk membatasi perkembangan IT di negaranya. Isu terpanas baru-baru ini, Google, search engine terbaik-terbesar di dunia pun akan menarik diri dari negara China. Mengapa..? Karena Google terlalu bebas, sehingga paham-paham yang negatif tentang negara ini tidak terbendung. Akhirnya bermunculan para hacker-hacker China yang berniat untuk membuat Google menjadi down. Bayangkan saja, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangkitkan kembali server tersebut..? Wow..

Kembali lagi ke India, mengapa India..? emang India punya apa..?

Kenal daerah Bangalore dan Andhra Pradesh..? Ya, wilayah itu adalah Silicon Valley of India. Ah.. becanda.. Ngak becanda.. Bener!!, (saya udah cek lagi di Google, hehehe..). Kok bisa..?

Dahulu, India memang tak sehebat China. Orang India itu unik, ada pada semua layer profesi. Sebut saja dari tukang sapu, pelayan, manager, tenaga ahli, staf direksi, hingga ada yang bergelar profesor dan menjadi guru besar di universitas-universitas top dunia. Nah.. mari kita lihat sekarang, jika kita perhatikan setiap perusahaan IT di Silicon Valley itu pasti ada orang Indianya.(orang Indonesianya..?). Lihat credit dari software, atau buku terbitan universitas top dunia, ada nama orang Indianya tidak..?

Nah, kaitannya dengan Sillicon Valley of India, ternyata mereka-mereka yang sukses di negara orang akan kembali ke negaranya dan membangun perusahaan (walau gak besar dan setenar Silicon Valley yang aseli). Ceritanya balik lagi ke Amerika, karena saking banyaknya permintaan di wilayah Silicon Valley, otomatis harga produksi pun akan semakin mahal di sini. Caranya.. mereka melakukan outsourcing. Ke mana..? ya ke India, toh disana ada perusahaan yang dibangun oleh ahli hasil binaan mereka. Lagian harganya murah lagi.. Lebih-lebih, perusahaan India cenderung memanfaatkan standarisasi internasional. Mereka selalu memperhatikan standar-standar terbaru dan menjadikannya sebagai kekuatan bisnis mereka.

Kita..? Berpikiran sama gak kita dengan India..?
Hehe.. demikianlah cerita Silicon Valley ala India.. Mudah-mudahan ada Silicon Valley ala Bandung.. (bandung aja dulu, hehe) Amin..

One response

  1. Pingback: Pasrah Pada Keadaan « 2persen's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s