Tugas 3 (Part #3) : Dasar-dasar membuat mmi

Bismillah..

Pada part #3 ini kita akan membahas lebih dalam tentang tahap planning. Sebelumnya pastikan materi part #1 (https://2persen.wordpress.com/2009/12/03/tugas-3-part-1-dasar-dasar-membuat-mmi/) dan part #2 (https://2persen.wordpress.com/2009/12/03/tugas-3-part-2-dasar-dasar-membuat-mmi/ ) telah dibaca dan dipahami dengan baik.

The Planning

Sesuai dengan arti harfiahnya (the planning = perencanaan), tahap awal pembuatan multimedia pembelajaran yaitu berencana atau berangan-angan atau juga bermimpi memiliki multimedia pembelajaran. Tahap ini cenderung pada kegiatan pengumpulan ide, sumber, referensi, dan bahan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam tahap ini, antara lain:

  • Eksplorasi tentang membuat multimedia pembelajaran yang baik dari referensi buku, media elektronik, ahli multimedia maupun pengalaman orang lain.
  • Lihat contoh multimedia yang sudah ada.
  • Perlahan-lahan tentukan rencana judul dan rencana jenis multimedia.
  • Perhatikan kelebihan dan kekurangan multimedia pembelajaran yang sudah ada dan motivasikan diri untuk membuat multimedia yang lebih baik.
  • Ilmu yang didapat pada tahap ini jangan lupa untuk ditulis untuk mengatasi kemungkinan lupa.

Sedikit belajar dari pengalaman, tahap planning ini adalah tahap yang sulit untuk dilewati. Faktor jenuh dan pikiran buntu akan sering kita jumpai pada saat menjalankan tahap ini. Selain itu, karena terlalu banyak ide yang masuk kita pun akan dilanda bingung untuk memilih ide yang paling cocok. Keterbatasan ilmu tentang software multimedia juga menjadi faktor penghambat memutuskan ide. Walaupun demikian, teguhkan hati kita, man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Lakukan perlahan-lahan tahap demi tahapnya dengan sungguh-sungguh. Jika ada yang tidak mengerti, eksplorasi lebih dalam lagi. Bayangkan saja nantinya kita akan mempunyai sebuah multimedia pembelajaran yang menarik dan berguna bagi orang lain.  ^^..

Ingat! tahap ini baru awal. Lakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tahap ini, kemudian simpulkan sendiri jenis-jenis multimedia pembelajaran yang sudah ada. Perhatikan kelebihan dan kelemahannya. Jangan lupa untuk eksplorasi ilmu lebih dalam. So.. selamat bereksplorasi ^^..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s