Tugas 3 (Part #2) : Dasar-dasar membuat mmi

Bismillah.

Setelah membaca materi part #1 pastinya kita sudah mempunyai kesimpulan masing-masing tentang tahap membuat multimedia pembelajaran yang baik. Pada materi part #2 ini, materi tahap membuat multimedia pembelajaran akan dijelaskan lebih mendalam lagi. So, bagi rekan-rekan yang belum membaca materi part #1 dipersilakan untuk membacanya terlebih dahulu ( https://2persen.wordpress.com/2009/12/03/tugas-3-part-1-dasar-dasar-membuat-mmi/ ).

Tahap Membuat Mulitmedia Pembelajaran

Pada dasarnya, membuat sebuah software multimedia pembelajaran sama dengan membuat software-software lainnya. Secara teori, tahap-tahap membuat sebuah perangkat lunak alias software terangkum dalam SDLC Methodology (Software/System Development Life Cycle). Metode ini dapat diterapkan juga dalam membuat multimedia pembelajaran (mengenai latar belakang munculnya metode ini silahkan dieksplorasi sendiri ^^..).

Perhatikan gambar berikut ini:

Gambar di atas adalah tahap-tahap SDLC. Secara umum ada 5 tahap yang dimulai dari tahap planning, namun dapat dikembangkan menjadi lebih khusus lagi tergantung pada kebutuhan.

SDLC terdiri atas 5 tahap utama, yaitu:

  • Planning
  • Analysis
  • Design
  • Implementation
  • Maintenance

Lima tahap ini saling berhubungan sehingga membentuk siklus. Apa pentingnya untuk pengembangan multimedia pembelajaran? Jawabannya akan dipaparkan secara rinci pada pembahasan berikutnya (part #3 dan seterusnya). So.. untuk sementara silakan eksplorasi lebih lanjut tentang SDLC ^^..

2 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s