Dalam bisnis software house, apa yang kita jual..?

Bismillah..

Nama saya fadhil, saya adalah seorang yang bekerja di sebuah software house di Bandung. Selain itu saya juga sedang merintis sebuah software house bersama rekan-reakan satu almamater saya saat s1 (amiin). Sudah sangat lama saya memendam pertanyaan, sebenarnya apa yang dijual dalam bisnis software house..?

Pada awalnya saya berpendapat bahwa yang diperlukan adalah produk yang mempunyai daya saing tinggi.. (dari beberapa referensi buku memang begitu..). Akhirnya saya pun mulai memikirkan beberapa produk yang kiranya pantas untuk dijajakan ke khalayak. Bahkan syukurnya sudah ada yang mencarter produk tersebut (padahal kan baru ide). Namun entah mengapa sudah 3 bulan berlalu produk yang dimaksud tak kunjung terimplementasikan.. hmm.. mengapa ya..??

Suatu hari saya bersama rekan-rekan saya dipanggil untuk briefing dengan pimpinan tempat saya bekerja. Ternyata briefing ini membahas masalah produk yang belum terimplementasikan dengan baik. Pada briefing ini, pimpinan menyodorkan selembar kertas A2 yang bercetakkan kurva-s suatu proyek dan berlogokan sebuah bumn. Kami disuruh memberi komentar, mengapa beliau memberikan kertas tersebut kepada kami..

Eureka.. tiba-tiba pikiran saya terbuka.. Kertas itu adalah perencanaan proyek.. hmm.. mungkinkah jawaban tentang pertanyaan saya selama ini, yang dijual dalam bisnis software house selain produk adalah perencanaan pembangunannya..? Mudah-mudahan ini benar, bumn saja menggunakannya mengapa kita tidak bisa..? betul tidak..?

semoga menjadi manfaat..

2 responses

    • Kata orang sih bisnis di bidang IT sangat menjanjikan. Tapi bagusnya bisnis IT yang dapat memudahkan pekerjaan usernya.. karena gak sedikit juga IT yg malah bikin ribet.. hehe..

Leave a Reply

