Cara Kerja Induktif dan Deduktif

Cara kerja induktif adalah penarikan kesimpulan yang bertitik tolak dari data-data konkret menuju pada kesimpulan umum. Cara kerja induktif ini diterapkan apabila belum ada knowledge yang definitif untuk memecahkan suatu persoalan. Cara kerja induktif ini bertujuan untuk menarik rumus umum (general) dari kejadian-kejadian yang bersifat khusus dan spesifik atau dari pengamatan-pengamatan empiris. Cara kerja ini akan tepat jika diterapkan pada persoalan pengolahan data statistik, stokastik, dan persoalan-persoalan lain yang membutuhkan pengolahan data yang berasal dari hasil pengamatan empiris (aposteriori). Tahapan cara kerja induktif dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar tahapan cara kerja induktif

Cara kerja deduktif adalah cara kerja yang berlawanan dengan cara kerja induktif. Cara kerja deduktif ini berusaha menarik kesimpulan dari pernyataan yang bersifat umum menjadi pernyataan khusus yang lebih spesifik. Akal (rasio), ide dan logika sangat berpengaruh pada penarikan kesimpulan secara deduktif. Pengalaman tidak terlalu berpengaruh dalam penarikan kesimpulan secara deduktif (apriori). Pada cara kerja deduktif ini, proses pemecahan permasalahan dibagi menjadi 3 pernyataan, yaitu:

  1. Pernyataan universal, yaitu pernyataan umum yang telah diterima. Contoh: Semua bahan yang terbuat dari kertas mudah terbakar.
  2. Pernyataan partikular, yaitu pernyataan khusus turunan dari pernyataan umum. Contoh: Uang terbuat dari kertas.
  3. Kesimpulan, yaitu pernyataan hasil penalaran deduksi. Contoh: Uang mudah terbakar.

Cara kerja induktif dapat diterapkan pada persoalan-persoalan khusus dimana telah diperoleh knowledge berupa rumus umumnya. persoalan yang paling cocok untuk diselesaikan menggunakan cara kerja induktif adalah persoalan-persoalan penerapan metode umum, misalnya pada penerapan algoritma Greedy untuk permasalah Travelling salesman problemm (TSP). Pada persoalan TSP, tidak diperlukan pengamatan empiris untuk menarik kesimpulan melainkan lebih pada kemampuan akal manusia untuk menemukan solusi persoalan tersebut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s